Penerapan Etnomatematika Berbantuan Ingkling Dalam Materi Bangun Datar Sederhana Pada Siswa Kelas 1A SD Negeri Kedungsari 5 Kota Magelang
Abstract
Penerapan Etnomatematika Berbantuan Ingkling untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Bangun Datar Sederhana Pada Siswa Kelas 1A SD Negeri Kedungsari 5 Kota Magelang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (1) penerapan etnomatematika dengan Ingkling dalam membantu siswa kelas I A pada tema diriku sub tema aku dan teman baru materi bangun datar sederhana, (2) faktor penghambat dalam penerapan etnomatematika berbantuan Ingkling, (3) faktor pendukung dalam penerapan etnomatematika berbantuan Ingkling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dirancang dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1A dan 1 orang guru, peserta didik putra berjumlah 14 siswa dan peserta didik putri berjumlah 19 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan catatan lapangan (field notes). Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasar hasil observasi dan catatan lapangan, siswa lebih fokus pada pelajaran ketika terlibat aktif dalam kegiatan, (2) berdasar hasil observasi dan catatan lapangan, faktor penghambat dalam penerapan etnomatematika berbantuan Ingkling yaitu, kurangnya pengawasan pada siswa ketika guru terlalu asyik menerangkan atau asyik dengan kegiatan pembelajaran, dan (3) berdasar hasil observasi dan catatan lapangan, faktor pendukung dalam penerapan etnomatematika berbantuan Ingkling yaitu, kondisi siswa yang terlibat dengan aktif dalam pembelajaran.