ANALISIS VOLATILITAS HARGA DAGING SAPI MURNI DI PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARCH GARCH

  • Anita Sandiarti Universitas Tidar
  • Yustirania Septiani Universitas Tidar
Keywords: ARCH GARCH, Covid-19, Daging Sapi, Volatilitas

Abstract

Indonesia memiliki komoditas yang penting bagi masyarakat yaitu Daging sapi termasuk juga di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu bahan pangan yang menghasilkan protein yaitu daging sapi dimana kegunaan nya  penting untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Selain penting untuk kebutuhan konsumsi, komoditas ini juga memberikan andil dalam  segi ekonomi dikarenakan daging sapi diproduksi oleh masyarakat mulai dari skala kecil hingga skala besar. Penelitian ini lebih mengarah ke mengkaji volatilitas harga daging sapi di Provinsi Jawa Tengah melalui metode ARCH GARCH serta data harian (time series) daging sapi pada 1 Januari 2020 sampai 31 Desember 2020. Hasil dari penelitian memperlihatkan model yang paling tepat untuk perhitungan volatilitas harga daging sapi yaitu model (1,2). Hasil dari prediksi model memperlihatkan pergerakan volatilitas harga daging sapi cenderung stabil ketika setelah hari raya idul fitri, serta diperkirakan perubahan atau lonjakan harga daging sapi di masa depan akan semakin minim.

Published
2022-08-25
How to Cite
Sandiarti, A., & Septiani, Y. (2022). ANALISIS VOLATILITAS HARGA DAGING SAPI MURNI DI PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARCH GARCH. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(2), 209-225. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v5i2.123
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.