PENANGAN KREDIT BERMASALAH PADA PT BPR BANK BCD MAGELANG DI MASA PANDEMI COVID-19 (TAHUN 2020-2021)
Abstract
Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan karena sangat berguna bagi masyarakat dan masukan untuk pihak bank. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanganan saat terjadi kredit bermasalah di masa pandemi Covid-19 di salah satu sektor keuangan, dengan melakukan studi kasus pada PT BPR Bank BCD Magelang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dimana menggunakan data primer dari hasil penelitian lapangan dan data sekunder dari kepustakaan. Teknik pengumpulan yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis induktif melalui analisa deskriptif kualitatif yakni dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian tersebut bahwa kredit bermasalah terjadi karena dua faktor yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Penanganan yang dilakukan oleh pihak bank yaitu dengan pembinaan debitur melalui kunjungan langsung, jika masih mengalami kesulitan membayar maka dengan cara restrukturisasi. Namun jika kedua cara tersebut sudah tidak mampu digunakan lagi dan karakter dari debitur memang kurang baik, maka akan dilakukan pembinasaan yaitu dengan cara harus melunasi atau pindah bank lain atau dieksekusi.
Copyright (c) 2022 Jurnal Jendela Inovasi Daerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.