IMPLEMENTASI PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

  • Mulyaningsih Mulyaningsih

Abstract

Pelaksanaan penilaian prestasi kerja pegawai berdasarkan fakta di lapangan masih terdapat kelemahan diantaranya adalah belum sesuainya penilaian dengan pencapaian prestasi kerja dengan keadaan sebenarnya. Penulisan ini betujuan untuk mengetahui implementasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai di Pemerintah Kota Magelang dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan diperoleh hasil bahwa penerapan penilaian prestasi kerja pegawai menggunakan unsur SKP dan Perilaku Kerja sudah memenuhi persyaratan sebagai sistem penilaian prestasi kerja, namun dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya sesuai dengan aturan yang berlaku. Adanya kecenderungan memberikan penilaian dengan nilai rata-rata tidak terlalu buruk atau baik dan atas dasar subyektivitas pada capaian dari hasil kerja PNS. Saran dari penelitian ini adalah perlunya standar kinerja jabatan dalam upaya penyusunan Standar Teknis Kegiatan penyusunan SKP untuk mengurangi subyektivitas dalam penilaian prestasi kerja pegawai dan PNS perlu menentukan capaian kerja harian atau bulanan supaya atasan dapat melakukan penilaian prestasi kerja sesuai dengan kinerja pegawai sehingga hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan dan hasil penilaian dapat digunakan untuk sarana perbaikan peningkatan kualitas kerja pegawai.

Published
2018-12-20
How to Cite
Mulyaningsih, M. (2018). IMPLEMENTASI PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 21-36. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.15
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.