MEDIA GAMBAR FLASHCARD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Siti Rofi’ah Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Anisa Setyowati Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Ribkha Itha Idhayanti

Abstract

Stimulasi dini perlu diberikan kepada anak sebagai generasi penerus bangsa. Keterlambatan perkembangan awal dapat mempengaruhi kehidupan anak di masa depan, sehingga diperlukan alat permainan edukatif berupa flashcard dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas media gambar flashcard dalam perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah anak usia 3-4 tahun di 8 kelompok bermain Magelang utara. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan proportionate random sampling. Intervensi dilakukan selama 4 kali pertemuan selama 40 menit. Uji statistik dalam penelitian ini yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar flashcard efektif menstimulasi sebesar 6 kali lipat. Penggunaan media flashcard dapat membantu penyampaian informasi sehingga mempermudah penerimaan pesan dalam hal berkomunikasi lisan, pemahaman huruf vokal dan angka 1-10. Stimulasi dini sangat penting sehingga diharapkan orang tua dan guru untuk sering melakukan stimulasi setiap saat. Diperlukan pengenalan huruf vokal maupun konsonan, agar perkembangan bahasa lebih optimal.

Published
2018-12-20
How to Cite
Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Itha Idhayanti, R. (2018). MEDIA GAMBAR FLASHCARD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 78-92. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.19
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.